Kamis, 19 Juli 2012

Tahukah kamu?


Pengen berbagi ilmu ne sama teman-teman sekalian…
Kemaren pas keacara Sisterhood By DP kan dapat goodiebag yang salah satu adalah majalah ANNISA lho. Nah, pas gw buka-buka ne gwdapat info penting ne *menurutgwsih* jadi ya gw hadir disini untuk berbagi *asekk* kali aja ada yang gak baca majalahnya.
Semua udah pada tau kan ya kalau yang namanya babi haram hukumnya buat orang yang beragama Islam.. nah di artikel ini ternyata ada beberapa makanan yang di dalamnya terkandung yang namanya babi dan mungkin diantara temen-temen ada yang gak ngenalinnya. Yuk mare kita simak sama-sama apa aja sih makanan yang mesti kita teliti dengan baik..
Check it that…..
                Gelatin Gelatin merupakan bahan pangan yang begitu banyak fungsinya.Selain sebagai bahan utama pembuatan permen lunak, gelatin dapat berfungsi sebagai penjernih (clarifying agent), pengental, penggumpal, membuat produk menjadi elastis, pengemulsi, penstabil, pembentuk busa, pengikat air, pelapis tipis, pemerkaya gizi, dan sebagai filter.
                Gelatin merupakan protein yang berasal dari jaringan ikat kolagen hewan. Jenis hewan yang digunakan secara industrial adalah sapi, babi, dan ikan.Fish gelatin tidak begitu popular penggunaannya karena masih meninggalkan bau amis. Yang banyak digunakan di industry pangan adalah gelatin dari tulang dan kulit jangat ormone babi.
                Secara global gelatin babi lebih banyakdiproduksi.Gelatin babi lebih banyak keuntungan dalam aplikasi industry pangan, terutama untuk pengemulsi atau penstabil. Kebanyakan industry pangan tidak memerlukan gelatin dengan kekuatan gel (bloom strength) yang tinggi, yang dimiliki oleh umumnya gelatin sapi.
                Aplikasi gelatin dalam produk pangan misalnya pada mentega dengan kadar lemak rendah. Untuk menghasilkan mentega dengan reduced fat (sekitar 40 % kandunganlemak), ditambahkan gelatin untuk tetap membuat mentega dapat dioleskan (spreadability).
                Gelatin juga banyak dimanfaatkan untuk produk daging olahan, seperti sosis, kornet, ham. Berfungsi untuk meningkatkan daya ikat air, konsistensi dan stabilitas produk. Pada produk susu olahan seperti yoghurt, eskrim, susu asam, keju cottage, gelatin berfungsi memperbaiki tekstur, konsisten dan stabilitas produk, dan menghindari sineresis.
                Pada produk bakery, gelatin menjaga kelembaban produk, dan perekat bahan pengisi pada roti-rotian. Untuk minuman, gelatin berfungsi sebagai penjernih sari buah (juice), bir, dan wine.
                Pada buah-buahan, gelatin dimanfaatkan untuk pelapis pori-pori buah sehingga terhindar dari kekeringan dan kerusakan oleh mikroba, serta untuk menjaga kesegaran dan keawetan buah.
                Pada produk permen dan sejenisnya, gelatin berfungsi untuk mengatur konsistensi produk, mengatur daya gigit dan kekerasan serta tekstur produk, serta mengatur kelembutan dan daya lengket di mulut.
                Gelatin yang beredar di Indonesia umumnya adalah produk impor. Untuk memastikan kehalalan produk yang kita konsumsi, pastikan produk tersebut sudah mendapatkan sertifikat halal.

DARAH
                Di jerman, terminology untuk produk yang bernama Frankfurter, Hot Dog, Wiener, formula dasarnya menggunakan campuran daging babi.Di Indonesia umumnya produk-produk itu tidak lagi menggunakan daging babi dalam formula dasarnya.
                Di Indonesia darah babi biasa digunakan sebagai topping pada Lahar, yaitu panganan asal Bali yang terdiri dari sayuran (layaknya gado-gado).Di Inggrisdikenal produk yang bernama Black pudding, atau disebut juga blood pudding.Bahasa terangnya adalah sosis yang terbuat dari bahan baku darah babi.
                Darah babi tersebut diramu dengan menambahkan ingredient cereal (oat dan barley), daging babi, dan spices. Adonan yang berbahan baku darah tersebut kemudian dimasukkan ke dalam casing untuk diproses seperti pembuatan sosis. Casing  yang digunakan dapat berasal dari usus babi. Namun saat ini umumnya digunakan casing yang berasal dari kolagen atau pun selulosa.

ENZYM DAN HORMON
                Enzym umumnya digunakan sebagai “processing aid”. Saat ini enzym sudah banyak diproduksi secara microbial. Jadi tidak diekstraks dari hewan. Namun tidak berarty enzym yang diekstraks dari hewan tidak digunakan lagi. Ada suatu enzym yang “riskan” berasal dari babi yaitu enzym tripsin. Enzym ini diketahui berfungsi dalam proses pencernaan. Kemungkinan enzym ini digunakan dalam produk pangan supplemen.
                Sedangkan hormon yang sering digunakan dalam dunia kesehatan adalah insulin yang dapat diperoleh dari produk bioteknologi. Jika hormone tersebut berasal dari babi, maka pada kemasannya disebutkan informasi sumbernya.

LEMAK
                Lard adalah istillah yang digunakan spesifik untuk lemak yang berasal dari babi. Lard pernah ditemukan pada produki mpor yang beredar di Indonesia. Temuan Jurnal Halal LP POM MUI. Produk impor seperti ini instan dengan rasa sapi, ayam, atau bahkan seafood menggunakan lard sebagai salah satu ingredient.

PORK POWDER
                Jurnal Halal juga pernah menemukan Pork Powder digunakan sebagai salah satu bahan seasoning produk mi instan eks Taiwan. Di beberapa Negara seperti eropa Pork Powder sering digunakan sebagai filler ramuan spices dan bumbu yang dijual dalam kemasan.

BULU
                Bulu babi dapat dimanfaatkan sebagai kuas dengan istilah bristle. Survey Jurnal Halal tahun 2002 terhadap kuas yang ada dipasaran, hampir semua kuas di pasaran adalah bristle, yang diimpor dari China. Kuas atau alat penyaput dipergunakan sebagai alat pemoles adonan pangan, dan piranti kosmetik seperti pemoles eye shadow atau pemoles bedak juga untuk alat melukis.
Sumber :
Majalah ANNISA
Elvira Rahayu – Auditor Halal LP POM MUI Lead Auditor SistemManajemenKeamananPangan LT IPB

Udah pada jelaskan teman-teman sekalian??
Hampir seluruh bagian tubuh babi dijadiin bahan penganan dan non-penganan lho. keknya sih produk-produknya itu banyak dimanfaatkan karena populasi babi lebih banyak dan mudah berkembang biak dari pada sapi serta babi lebih ekonomis untuk sebuah mata rantai produksi.
Jadi, untuk semua muslim dan muslimah mari kita lebih berhati-hati dengan produk yang kita konsumsi. SAY NO TO PORK !!!MERDEKA :D

Tidak ada komentar: